Headlines News :

Home » , » Tipe jaringan komputer berdasarkan cara pemrosesan data dan metode akses

Tipe jaringan komputer berdasarkan cara pemrosesan data dan metode akses

Di Posting Oleh Rizky Putra di Minggu, 14 Oktober 2012 | 11:13 AM

Ketika digunakan informasi penyimpanan data harus dapat diakses dan dibaca ke dalam memory komputer. Beberapa sistem hanya menyediakan satu metode akses untuk data. Pada sistem yang lain seperti IBM terdapat banyak dukungan akses yang berbeda. Masalah yang ditemui pada sistem tersebut adalah pemilihan metode yang tepat untuk digunakan pada salah satu aplikasi tertentu.

Akses Secara Berurutan
Sequental Acces merupakan metode yang sangat sederhana. Informasi yang tersimpan dalam data diproses berdasarkan urutan operasi baca membaca data dan meningkatkan pointer data selama berada dijalur lokai I/O. Operasi tulis menambahkannya ke akhir data yang baru. Metode ini didasarkan pada tipe model sebuah data dan dapat bekerja pada kedua jenis device akses(Urut maupun acak)
Akses langsung
Dirrect Acces merupakan metode yang membiarkan program membaca dan menulis dengan cepat pada data yang dibuat dengan fixed-legth logical order tanpa adanya urutan. Metode ini sangat berguna untuk mengakses informasi dalam jumlah besar. Biasanya database memerlukan hal seperti ini. Operasi pada metode ini harus dimodifikasi untuk menambah nomor blok sebagai perimeter. Pengguna menyediakan nomor blok ke sistem operasi biasanya sebagai nomor blok relatif, yaitu index relatif terhadap awal data. Penggunaan nomor blok ini berguna untuk mencegah pengguna mengakses suatu data yang bukan haknya untuk diakses.
Akses dengn menggunakan indeks
Metode ini merupakan pengembangan dari metode Dirrect Acces. Metode ini memasukan indeks untuk mengakses data. Jadi untuk mendapatkan informasi suatu data, kita terlebih dahulu harus mencari indeks, lalu menggunakan pointer untuk mengakses data dan medapatkan informasi tersebut. Tetapi metode ini memiliki kekurangan, yaitu apabila data besar maka indeks data tersebut juga semakin besar. Jadi solusinya adalah dengan membuat dua indeks. Yaitu indeks primer dan indeks sekunder dan kemudian indeks sekunder menunjuk ke data yang dimaksud.

Untuk membahas artikel ini bersama saya dan pengunjung lain silahkan isi kotak komentar yang berada di bawah artikel ini.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

About Me

Foto Saya
Rizky Putra

Kata Pengantar. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat menyelesaikan tulisan ini. Tidak lupa shalawat dan salam kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW beserta keluargannya, sahabat-sahabatnya, dan pengikutnya, semoga kita selalu dapat safaatnya. Amien. Maksud dan tujuan penulis adalah untuk memenuhi kebutuhan penulis sendiri dan juga orang lain yang membutuhkan perangkat pembelajaran bidang TEKNOLOGI INFORMASI & ELEKTRONIKA. Penulis menyadari bahwa isi tulisan ini jauh dari sempurna. Untuk itu kami meminta tolong kritik dan saran anda dalam rangka menyempurnakan tulisan ini. Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi Saudara yang membutuhkan. Terima kasih.

E-Mail Penulis: iq_boy05@ymail.com or rizkyputra050995@gmail.com
Lihat profil lengkapku
 
Modified by : Rizky Putra
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Belajar Bersama | Mendalami Dunia IT & Elektronika