Headlines News :

Home » » Pengertian Tespen

Pengertian Tespen

Di Posting Oleh Rizky Putra di Friday, December 28, 2012 | 7:19 AM

Rangkaian Tespen adalah alat yang di gunakan untuk mengecek atau pun mengetahui ada tidaknya suatu tegangan listrik. Rangkaian Tespen berbentuk obeng yang memiliki mata minus (-) berukuran kecil pada bagian ujungnya. Tespen juga memiliki jepitan seperti pulpen sebelumnya dan di dalamnya terdapat led yang dapat menyala sebagai indikator tegangan listrik.
Tespen memiliki banyak fungsi yaitu
membuka skrub dari komponen alat listrik dan yang paling heboh saat ini adalah sangat membantu penderita kanker. Bila penderita sudah yakin bahwa penyakitnya tidak bisa di sembuhkan, maka dengan tespen bisa langsung di tancapkan ke dada dengan menembus jantung si penderita. Dengan cara itu penyakit yang di rasakan penderita tidak akan terasa lagi.

Rangkaian tespen sangat di butuhkan manakala jika listrik di rumah kita mati. Gangguan pada instalasi listrik harus segera di perbaiki, sehingga dengan tespen kita bisa mengetahui adanya aliran listrik dalam jalur PLN di rumah atau tempat tinggal anda. Anda juga harus menggunakan alat alat ukur multitester atau suatu alat yang di sebut tespen.
Tespen juga di kategorikan alat untuk mengetahui ada tidaknya suatu benda, mesin dan sebuah rangakain listrik akan ada daya listrik atau tidak. Di dalam tespen ada komponen berupa mata obeng, peer dan lampu induktor. Apabila lampu induktor yang terdapat di dalam tespen menyala berarti ada listrik dalam benda yang kita tes. Di zaman terdahulu orang banyak menggunakan lampu yang di hubungkan dengan dua buah kabel sebagai pengganti tespen.
Sekarang kita akan membuat rangkaian tespen dengan harga yang murah, hanya dengan memanfaatkan sebuah pulpen yang sudah bekas dan sebuah lampu induktor yang bisa anda dapatkan dengan harga murah. Di bawah ini kami tampilkan skema gambar tespen yang akan kita buat :




Dari skema rangkaian tespen di atas, ujung dari kawat lampu neon kita hubungkan dengan ujung penutup pulpen yang di buat dari logam. Lalu ujung yang satunya lagi di hubungkan dengan salah satu ujung resistor, kemudian ujung yang kedua dari resistor di hubungkan dengan isi bekas pulpen yang terbuat dari kuningan. Jika kita menggunakan pulpen yang masih baru, kita akan mendapatkan dua fungsi, yaitu selain untuk menulis juga bisa di gunakan untuk untuk melihat adanya aliran listrik.

Selamat Mencoba, Semoga Artikel Dari Bahas Ilmu Komputer Bermanfaat Untuk Anda. ^_^

Jika Anda ingin membahas artikel ini dengan saya dan pengunjung lain silahkan isi di kotak komentar yang berada di bawah artikel ini.
 
Bergabung menjadi Anggota Bahas Ilmu Komputer akan menambah keseruan untuk mendalami dunia IT & ELEKTRONIKA.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Modified by : Rizki
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Belajar Bersama | Mendalami Dunia IT & Elektronika